Ini Trik Jitu Babinsa Jumpai Saat Gelar Pemeriksaan Kesehatan Bagi Anak TK

    Ini Trik Jitu Babinsa Jumpai Saat Gelar Pemeriksaan Kesehatan Bagi Anak TK

    KLUNGKUNG, - Berupaya mendekatkan diri dan merangkul semua kalangan di wilayah binaannya selalu dilakukan Babinsa desa Jumpai Pelda I Wayan Winaya dalam pelaksanaan tugasnya sebagai Babinsa.

    Hal itupun kembali dilakukan Babinsa jajaran Koramil 1610-01/Klungkung tersebut saat bersama Bhabinkamtibmas melaksanakan sambang ke TK Negeri Jumpai 
    dalam rangka pemeriksaan kesehatan oleh bidan desa , Selasa ( 15/08/23 ).

    Bahkan untuk memberikan kenyamanan kepada anak-anak, Pelda Wayan tampak ikut bermain sambil berbincang-bincang dengan anak-anak, salah satunya dengan Ni Ketut Arishita Jayanti.

    Saat ditemui, Pelda Wayan Winaya mengatakan bahwa dirinya berupaya masuk ke dunia mereka dengan ikut bermain, agar anak-anak tidak takut dan semakin nyaman untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan.

    Banyak anak-anak yang masih takut saat mendengar pemeriksaan kesehatan, sehingga diperlukan pendekatan yang humanis dan ekstra agar dapat meyakinkan mereka untuk tidak takut diperiksa, “ucapnya.

    Menurut Pelda Wayan, menghadapi anak-anak memang dibutuhkan cara khusus dan kesabaran, agar mereka merasa bahagia, nyaman dan percaya dengan kita.

    Oleh karena itu, sembari membantu bidan desa melaksanakan pemeriksaan, dirinya mengajak anak-anak untuk bermain untuk meningkatkan kepercayaan dirinya, “imbuhnya.

    Sementara itu Bidan desa Ibu Ari Cahya menerangkan adapun pemeriksaan yang dilaksanakan kali ini meliputi  pemeriksaan kesehatan dan kebersihan kuku,  kepala, telinga dan gigi.

    Pada kesempatan ini pula dirinya juga memberikan himbauan kepada pihak sekolah dan anak-anak agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, “ungkapnya.

    Kesehatan anak sekolah merupakan salah satu bentuk dari usaha kesehatan masyarakat essential dalam bidang promosi kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi sedini mungkin catatan kesehatan siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera dan secepatnya mendapatkan penanganan, “tutupnya.

    klungkung
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Babinsa Pikat Bersama  Warga Bentangkan...

    Artikel Berikutnya

    Dandim Klungkung Resmi Tutup Turnamen Merah...

    Berita terkait